Belajar Kunci Gitar Bass Dengan Mudah Bagi Pemula

shares

Belajar gitar bass khususnya kunci bass gitar tidak sesulit ketika anda belajar menguasai cara bermain gitar, jika anda sudah bisa memainkan gitar maka akan lebih mudah dalam belajar kunci gitar bass ini. Pada permainan gitar, kita biasa memainkan sebuah kunci yang merupakan perpaduan antara 3 nada atau lebih sehingga jari anda menekan minimal 3 senar pada fret tertentu. Namun untuk bass ini kita akan lebih mudah dalam memainkan kunci.

belajar gitar bass

Untuk yang  paling dasar kunci bass hanya memerlukan sebuah nada saja, jadi anda hanya perlu menekan sebuah senar pada satu fret tertentu saja. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas hal yang dasar yaitu mengenai not atau kunci bass. Sebelum belajar gitar bass, mungkin ada diantara anda yang ingin belajar melodi gitar silahkan baca disini Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa.

Belajar Gitar Bass

Salah satu pelajaran pertama bagi yang ingin belajar kunci gitar bass adalah tentang bagaimana mempelajari not atau nada pada bass. Kunci sebuah lagu untuk bass itu sama dengan kunci gitar, oleh karena itu anda bisa mencarinya dengan mungkin mengandalkan pendengaran , mencari kunci gitarnya di internet, atau dengan mengikuti seorang gitaris yang memainkan chordnya. Belajar kunci atau not pada bass ini sangat mudah, tidak seperti belajar chord gitar. Anda hanya perlu menghafal letaknya saja pada fretboard tanpa anda harus menghafal bentuk atau polanya.

Kunci Bass Gitar


Nada Dasar

Pada sebuah fretboard bass, terdapat nada do re mi fa sol la si do yang selalu berulang dari fret paling atas sampai fret paling bawah tergantung dari nada rootnya. Setiap kelompok solmilasi tersebut dibedakan dalam sebuah oktaf. Mudahnya, oktaf adalah jarak antara dua not yang memiliki nada sama (misalnya A rendah dengan A tinggi berikutnya). Belajar kunci gitar bass ini juga tidak terlalu berbeda dengan belajar gitar melodi.

Sebagai contoh, anda memainkan senar terbuka pada bass anda, dan kemudian bermain not pada fret 12 senar yang sama tadi (pada umumnya ditandai dengan titik ganda pada fret). Nada pada fret 12 tersebut memiliki satu oktaf lebih tinggi daripada nada senar terbuka.

Setiap oktaf dibagi menjadi dua belas not. Tujuh dari not-not tersebut yang disebut not natural, diberi nama dengan huruf-huruf alfabet, A sampai G. ini sama halnya dengan dengan tombol putih yang terdapat pada piano. Sedangkan sisanya yaitu lima not lainnya, sama dengan tombol hitam pada piano, dan not tersebut diberi nama menggunakan tanda  “ # ” dinamakan kres yang menunjukkan satu not lebih tinggi, dan juga tanda “b” dinamakan bes yang menunjukkan satu not lebih rendah. Sebagai contoh, not di antara C dan D ( berjarak 2 not) disebut baik C# atau sama dengan  Db. Hal tersebut sangat umum dalam belajar gitar bass.

Namun perlu anda tahu bahwa tidak semua not natural memiliki nada kres dan bes. Not B dan C natural tidak memiliki sebuah not di antara keduanya, kemudian juga E dan F. Hal itu karena not not tersebut hanya berjarak 1 not saja sehingga tidak not ditengahnya. Jika pada piano, ini adalah tombol putih yang bersampingan tanpa ada tombol hitam diantaranya. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada not bernama B#, Cb, E#, ataupun Fb.

Nama not pada Bass

kunci bass gitar

cara bermain gitar

Sekarang anda sudah tahu nama-nama not, belajar kunci gitar bass selanjutnya adalah penempatan posisinya pada senar bass. Nada terendah atau senar paling atas dan tebal adalah senar E. Ketika anda bermain tanpa menekan senar tersebut, maka anda memainkan kunci E. Ketika anda menekan di fret pertama, anda memainkan F. Berikutnya adalah F#. Untuk penempatan dan posisi setiap kunci pada bass ini sama dengan posisi chord gantung gitar seperti yang sudah saya bahas pada Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari . Supaya anda lebih mudah dalam belajar gitar bass dan kuncinya, sebaiknya lihat gambar berikut ini :

Nah hanya itulah yang perlu anda hafal untuk bisa memainkan bass. Sangat mudah tentunya untuk menghafalnya. Cara paling mudah untuk belajar gitar bass tentang nama-nama not adalah dengan anda memainkannya terus menerus secara berurutan, sehingga anda bisa mengurutkan namanya dari A-G kemudian oktaf berikutnya kembali A lagi, setelah itu anda bisa bermain acak. Misalnya anda mulai dengan senar E pada senar terbuka, perhatikan bahwa ketika anda sudah mencapai fret 12, maka notnya telah kembali ke E lagi. Untuk belajar kunci gitar bass anda bisa mencobanya pada semua senar dengan acuan pada gambar di atas.

belajar kunci gitar bass

Trik menghafal yang lain adalah dengan perhatikan pada fret fret tertentu yang ditandai dengan titik-titik tunggal. Ini adalah titik referensi yang baik untuk menghafal not bagi anda yang baru pertama memegang bass atau belum pernah bermain gitar. Titik pertama yaitu berada pada fret 3, anda sudah tahu nada apa saja yang berada pada setiap senar di fret 3, kemudian selanjutnya berada pada fret 5, fret 7, fret 9 dan kemudian 12. 

Titik-titik tersebut dapat anda jadikan patokan untuk membantu anda dalam menghafal sebuah nada pada bass. Atau jika masih terlalu susah, anda bisa membuat sebuah catatan yang ditempelkan pada fret dan bertuliskan nama nama not pada fret tersebut seperti pada gambar diatas.

Note : jenis bass yang saya gunakan dalam panduan ini adalah bass standar 4 senar.

Beberapa panduan diatas sudah cukup untuk membantu anda menguasai dasar dasar awal untuk bermain bass. Pada dasarnya bermain bass seperti bermain gitar juga, bahkan anda bisa belajar menggunakan gitar, yang membedakan adalah jumlah senarnya saja. Terimakasih sudah berkunjung untuk membaca belajar kunci gitar bass semoga membantu.

Related Posts