Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari Langsung Hafal #Seri 4

Ternyata bermain kunci gantung gitar itu sangat mudah. Menggunakan cara ini, jika anda lakukan dengan usaha maksimal, bukan tidak mungkin dalam 3 hari anda sudah bisa menguasai semua kunci gantung.

Cara bermain gitar menggunakan kunci gantung ini memang sangat banyak dicari oleh pemula yang sedang belajar.

Kunci gantung memang cukup susah untuk dikuasai dengan sempurna karena dibutuhkan jari yang lentur serta kuat dalam menekan senar sehingga bunyi yang dihasilkan tidak fals. Nah, trik ini adalah seri ketiga dari beberapa seri yang sudah kita share sebelumnya.

kunci gantung gitar

Beda kunci gantung dengan kunci dasar yaitu pada nada yang dihasilkan. Kunci gantung gitar menghasilkan nada yang lebih ngebass atau warm sedangkan kunci dasar, suara nadanya lebih bright. Kunci ini juga sangat cocok jika digunakan pada efek distorsi gitar elektrik.

Jika anda sudah hafal dan lancar, maka permainan gitar anda akan menjadi lebih bervariasi, selain itu kunci gantung ini juga dapat memudahkan kita dalam berganti chord.

Kunci gantung gitar

cara main gitar

Untuk cara bermain gitar menggunakan kunci gantung, perhatikan gambar di atas. Untuk pertama, anda harus menghafal letak atau posisi nada pada senar nomor 5 dan 6 saja. Ya hanya itu saja yang perlu anda hafal.

Hal itu karena, kedua senar itu menjadi patokan anda ketika memainkan kunci gantung gitar. Fokuskan sehari untuk menghafal letak nada tersebut bahkan tidak sampai sehari pun anda sudah hafal, jika sudah maka anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Setelah anda hafal semua, maka selanjutnya adalah pembentukan kuncinya menggunakan jari anda. Inti dari kunci gantung yaitu ujung jari telunjuk anda adalah menjadi patokan kunci yang anda mainkan, lihat gambar berikut.

Cara bermain gitar

Senar nomor 6 sebagai patokan

cara bermain gitar

Itu adalah gambar untuk bentuk kunci G. Jari telunjuk menekan seluruh senar, jari tengah pada senar nomor 3, jari manis pada senar 5 dan jari kelingking pada senar 4. Coba anda ingat, kunci G adalah ada di senar nomor 6 (saat ini saya tidak menggunakan senar nomor 5 sebagai patokan). 

Perhatikan ujung jari telunjuk pada gambar, ujungnya yaitu menekan senar nomor 6 pada fret ke 3, itu adalah nada G seperti yang anda hafalkan sebelumnya. Nah untuk nada A lihat gambar di bawah ini.

belajar gitar
Anda hanya perlu menurunkan bentuk jari anda sama persis seperti kunci gantung G hanya saja dipindahkan sampai ujung jari telunjuk menekan senar nomor 6 fret ke 5 (nada A). Begitu terus untuk senar nomor 6. Nah untuk kunci minor, perhatikan gambar di bawah ini.
 
kunci gantung gitar

Itu adalah kunci Am, bedanya dengan kunci A tadi yaitu jari tengah yang tadinya digunakan untuk menekan senar nomor 3, pada nada minor ini dilepas sehingga senar nomor 3 ditekan bersamaan menggunakan jari telunjuk yang posisinya memagar. Dan begitu terus untuk semua kunci minor pada senar nomor 6.

Pola bentuk semua kunci mayor dan minor untuk senar nomor 6 sebagai patokan (nada dasar) :

cara main gitar

cara bermain gitar

Senar nomor 5 sebagai patokan

belajar gitar

Gambar di atas adalah bentuk kunci gantung D. Jari telunjuk menekan seluruh senar, jari tengah untuk menutup senar 6 supaya tidak berbunyi, jari manis pada senar 4 dan kelingking pada senar 3. Sebenarnya kunci ini sedikit saya modifikasi supaya cocok dan mudah dilakukan pemula. Pada kunci aslinya seharusnya senar 2, 3 dan 4 ditekan menggunakan 3 jari. 

Namun mungkin itu akan susah dilakukan pemula dan juga terkadang senar nomor 6 akan ikut berbunyi sehingga menyebabkan fals. Oleh karena itu saya ubah jari tengah untuk menutup senar nomor 6 saja sehingga tidak akan berbunyi dan cukup mudah untuk dilakukan pemula.

Perhatikan gambarnya, ujung jari telunjuk adalah menekan senar nomor 5 fret ke 5. Coba anda ingat lagi, senar nomor 5 fret ke 5 adalah diisi nada D. Nah, sama seperti pada senar nomor 6 tadi, yang menjadi patokan adalah ujung jari telunjuk. 

Untuk berganti kunci pada patokan senar nomor 5 caranya sama seperti tadi. Anda hanya perlu mengubah lokasi ujung jari telunjuk, namun bentuknya tetap. Sedangkan untuk kunci minornya lihat gambar berikut.

kunci gantung gitar
Di atas adalah kunci Dm, ada perbedaan kan dengan kunci D. Ya benar, jari tengah digunakan untuk menekan senar nomor 2.

Pola bentuk semua chord mayor dan minor untuk senar nomor 5 sebagai patokan :

cara main gitar

cara bermain gitar

Latihan rutin adalah kunci untuk anda bisa menguasai kunci gantung ini, cara bermain gitar yang bervariasi akan menambah ilmu gitar anda sehingga permainan anda juga menjadi bervariasi, nantikan tutorial dan trik lainnya. 

Sampai disini dulu tentang kunci gantung gitar, selamat berlatih dengan giat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel