Belajar Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula #Seri 5

Cara bermain gitar yang paling banyak dicari yaitu cara memetik gitar. Sebenarnya ada cara yang sangat mudah belajar gitar akustik untuk teknik petikan ini. Jika anda sudah bisa menguasai teknik ini, maka permainan gitar anda akan lebih indah dan bervariasi. Bahkan anda dapat mengiringi lagu lagu romantis dengan petikan gitar.

Sebuah trik memang diperlukan dalam proses belajar gitar akustik, sehingga trik yang dipakai pun harus tepat sehingga tidak menyusahkan atau bahkan menyesatkan orang yang sedang belajar tersebut.

Oleh karena itu saya akan berbagi trik cara memetik gitar yang sangat cocok untuk dipelajari pemula karena trik ini sangatlah mudah dan gampang dipelajari. Hanya dengan menggunakan sebuah gitar akustik di rumah.

Namun sebelum anda mendalami teknik memetik gitar ini, sebelumnya pastikan anda sudah lancar dalam pembentukan chord dengan jari anda sehingga nantinya akan lancar ketika belajar memetik gitar. Untuk yang belum lancar anda dapat belajar 

cara memetik gitar

Cara memetik gitar


belajar gitar akustik

Optimalkan jari anda

Trik pertama belajar gitar akustik petikan yaitu dengan mengoptimalkan jari jari yang anda gunakan untuk memetik senar. Maksudnya anda harus menggunakan minimal 2 jari anda yaitu ibu jari dan jari telunjuk atau jari tengah sesuaikan dengan kenyamanan anda.

Menggunakan kedua jari tersebut adalah cara yang paling sederhana untuk melakukan petikan pada gitar. Oleh karena itu, untuk latihan gunakan dua jari tersebut. Jika dua jari sudah lancar baru anda bisa meningkatkannya.

Cara latihannya yaitu dengan latihan koordinasi kedua jari anda tersebut. Anda perlu memetik senar gitar menggunakan kunci kunci yang sudah anda kuasai, gunakan ibu jari untuk memetik senar 4,5 dan 6, sedangkan jari telunjuk atau jari tengah untuk senar 1,2 dan 3. Dengan cara itu maka penggunaan jari akan lebih optimal. Anda dapat memetik dua senar sekaligus, misalnya senar 4 sampai 6 untuk nada bass dan senar 1 sampai 3 untuk melodinya.

Trik menambah kecepatan

Kecepatan jari dalam bermain gitar memang sangat menakjubkan. Dibutuhkan kelenturan jari, keakuratan serta koordinasi antara jari tangan kiri dan kanan dengan tepat. Untuk menambah kecepatan melakukan petikan gitar pastikan anda sudah menguasai cara memetik gitar menggunakan dua jari, jika belum maka baca lagi cara pertama di atas.

Hal itu dikarenakan untuk menambah kecepatan, dibutuhkan satu jari lagi sehingga yang digunakan menjadi tiga jari. Dengan bantuan satu jari lagi maka dapat dipastikan senar yang jaraknya cukup berjauhan dapat anda petik dalam waktu yang cepat.

Tugas untuk ibu jari masih sama yaitu senar 4, 5 dan 6 namun dapat juga membantu senar lainnya jika diperlukan. Untuk ibu jari yaitu senar 1, 2, 3, dan 4 sedangkan untuk jari tengah yaitu senar 1, 2 dan 3. Latihan dengan tempo yang pelan terlebih dahulu, jika sudah lancar maka tingkatkan tempo sampai menjadi tempo cepat. Dengan latihan perlahan maka anda akan lebih cepat menguasai dalam belajar gitar akustik. Setelah itu anda juga masih dapat menggunakan semua bagian jari anda untuk memaksimalkan kecepatan tempo dalam bermain petikan gitar.

Belajar Gitar Akustik


cara bermain gitar

Menggunakan pick

Kadang banyak pula orang memainkan petikan gitar menggunakan pick. Dengan menggunakan pick maka suara yang dihasilkan gitar akan menjadi lebih bright, ini sangat cocok untuk musik rock. Sehingga jika anda seorang gitaris band rock, tidak perlu melepas pick gitar ketika akan melakukan petikan pada gitar.

Cara memetik gitar dengan pick juga sangat mudah. Namun anda juga harus sudah menguasai teknik memetik yang tanpa pick di atas karena teknik itu juga dibutuhkan. Pada latihan pertama gunakan pick untuk memetik hanya satu per satu senar sehingga tidak bisa untuk dua senar sekaligus.

Selanjutnya kombinasikan antara menggunakan pick dengan tangan kosong seperti yang sudah dipelajari pada teknik petikan belajar gitar akusik di atas. Triknya yaitu pick dapat anda gunakan untuk memetik semua senar gitar, namun jika pada saat tertentu pick digunakan untuk memetik senar bagian atas dan anda harus segera memetik senar bagian bawah atau anda harus memetik dua senar sekaligus, maka caranya yaitu anda dapat menggunakan jari tengah, jari manis dan jari kelingking anda untuk membantu.

Dengan cara tersebut maka anda dapat memetik beberapa senar sekaligus meskipun menggunakan pick.

Untuk mendapatkan nada yang harmonis atau tidak fals, maka diperlukan settingan nada pada senar atau penyeteman yang tepat, Anda harus giat untuk berlatih dan berlatih supaya cepat menguasai teknik belajar gitar akustik yang satu ini. Sampai disini dulu tutorial tentang cara memetik gitar selamat berlatih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel