Cara Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Cepat #Seri 9

Cara belajar gitar akustik tidak terlalu sulit jika menggunakan metode cara bermain gitar yang tepat. Bahkan jika anda lakukan dengan usaha penuh maka hasilnya anda akan bisa lancar bermain gitar dalam waktu yang cepat.

Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk misalnya les privat bermain gitar sehingga uang anda akan lebih bermanfaat misalnya ditabung untuk membeli gitar yang lebih bagus.

cara belajar gitar

Memang sangat tepat jika anda memilih untuk belajar gitar akustik daripada menggunakan gitar elektrik, hal itu dikarenakan gitar akustik memiliki senar yang lebih kuat daripada gitar elektrik sehingga anda memerlukan tenaga saat menekannya.

Jika anda sudah terbiasa menekan menggunakan tenaga, maka ketika anda menggunakan gitar elektrik akan menjadi mudah. Namun jika anda belajar gitar elektrik juga tidak ada salahnya, namun ketika anda menemui gitar akustik yang senarnya keras maka anda akan kesulitan.

Cara belajar gitar

Dalam belajar gitar akustik ada dua teknik yaitu menggenjreng dan memetik. Saya akan membahas kedua teknik tersebut dan akan saya berikan metodenya.

Jika sudah menguasai kedua teknik cara bermain gitar tersebut maka anda sudah bisa melakukan strumming dengan baik sehingga anda hanya perlu menyempurnakan chord saja. Langsung saja teknik yang pertama yaitu teknik menggenjreng.

belajar gitar akustik

Dalam membentuk chord sebaiknya anda rasakan supaya jari anda senyaman mungkin berada pada fretboard sehingga tangan tidak tersiksa atau kesakitan.

Untuk yang pemula belajar gitar memang sedikit susah, namun jika sudah terbiasa maka akan menjadi mudah dan bagi pemula anda juga harus lebih sering melihat jari anda pada fretboard untuk mengecek sudah betul atau belum chord yang anda bentuk. Namun jika anda sudah hafal, maka tidak perlu melihat pun akan lancar.

cara bermain gitar

Trik perpindahan chord tanpa merusak suara gitar. Metode ini sangat berperan penting untuk membuat permainan gitar anda menjadi lebih bersih dari nada nada fals. Tentunya ini hanya trik untuk pemula yang masih susah untuk berpindah chord.

Caranya yaitu ketika anda memainkan chord G dan ingin berpindah ke chord E, biasanya untuk pemula mereka masih mengangkat jari terlalu lama sehingga suara pun akan ikut berhenti karena strummingnya mungkin juga berhenti, walaupun tidak berhenti pasti akan menimbulkan suara fals. Oleh karena itu triknya yaitu ketika jari di angkat anda dapat menggenjreng pada senar terbuka yang masih berada pada chord tersebut. Untuk mudahnya dapat dilihat contoh berikut.

Gambar di atas adalah kunci G, ketika anda ingin berpindah ke kunci E. Saat jari di angkat anda dapat menggenjreng senar terbuka yang masih berada pada nada G. Yang dimaksud senar terbuka adalah senar yang pada saat anda membentuk chord tidak ikut di tekan atau dilepaskan saja.

Nah pada kunci G, senar terbuka yang masih berada pada nada G yaitu senar 2, 3, dan 4. Anda dapat melihat pada gambar di atas terdapat tanda O berarti senar tersebut masuk nadanya. Untuk gambar kunci lainnya dapat anda lihat pada artikel ini Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula.

Ketika anda menggenjreng senar terbuka tersebut maka anda sudah bisa menyiapkan jari anda untuk berganti ke kunci D, dan jika ingin berganti lagi maka anda dapat menggunakan cara yang sama sehingga pergantian chord menjadi lebih cepat serta halus. Saya juga memiliki trik ajaib untuk belajar gitar akustik dengan cepat di sini Belajar Kunci Dasar Gitar Dengan Trik Ajaib .

Belajar gitar akustik

selalu kunjungi terus blog ini untuk mendapatkan tips tips bergitar. Sampai disini cara belajar gitar akustik yang saya bagikan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel