√ 3 Tahapan Cara Bermain Gitar Bagi Pemula

Keputusan untuk memulai cara bermain gitar bagi pemula adalah keputusan yang tepat bagi sebagian orang yang berminat dalam cara bermain gitar.

Namun, perjalanan untuk menjadi pemain gitar mahir adalah sesuatu yang tidak mudah.

Namun tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, bagi pemula sekalipun tetap bisa belajar gitar dengan cepat. Tidak ada trik khusus untuk membuat cara bermain gitar menjadi mudah, tetapi ada beberapa proses atau tahapan dalam cara bermain gitar bagi pemula yang akan membantu anda dalam belajar gitar setelah mungkin banyak teman teman anda sudah menyerah.

Cara Bermain Gitar Bagi Pemula

Teori Musik

Cara bermain gitar bagi pemula lebih dari sekedar mengetahui bagaimana pola atau bentuk kunci atau bahkan hanya mengetahui lokasi dari semua not pada fretboard.

Mempelajari teori musik akan memungkinkan Anda untuk bermain kunci pada skala apapun di sembarang senar atau fret namun yang anda mainkan tersebut masih masuk ke dalam nada dan tidak fals, selain itu anda juga dimungkinkan untuk bisa menulis lagu sendiri jauh lebih mudah, ini adalah cara bermain gitar bagi pemula yang sangat sederhana.

Berbagai panduan gitar ada di blog kaugitaris.com yang meliputi banyak hal tentang cara bermain gitar. Saya beri contoh:
cara bermain gitar bagi pemula
cara bermain gitar

Skala C mayor : C D E F G A B C
(dihitung dari nada do, re, mi, fa, sol, la, si dan do dengan do = C )
Mengapa ini penting dalam cara bermain gitar bagi pemula? Karena pada fret gitar Anda not ini tidak terpisah jarak yang sama dan tidak ada pembatas yang dapat menjadi pemandu anda. Nada B dan C yaitu berjarak satu fret, seperti nada E dan F.

Selain not tersebut yaitu berjarak dua fret. Kita bisa menggunakan skala tersebut untuk membentuk sebuah chord, apakah anda tahu bagaimana chord C bisa terbentuk? Ternyata chord C terbentuk dari nada 1, 3, dan  5 yaitu C, D dan G. Dengan 3 nada tersebut sudah terbentuk sebuah chord C. Sekarang, tanpa mengetahui formasi atau melihat setiap gambar chord, Anda dapat membentuk setiap chord Mayor setiap saat.

Rhythm

cara bermain gitar bagi pemula

Untuk bagian cara bermain gitar bagi pemula yang ini akan sangat baik jika anda memiliki misalnya seorang teman yang dapat diajak untuk bermain gitar bersama.

Namun, di sini sangat dasar ketika Anda memainkan chord gitar dengan hanya melakukan strumming atau genjrengan satu arah saja atau anda memilih bermain setiap senar dengan cara berurutan dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

Oleh karena itu diperlukan sebuah pattern atau pola dalam strumming sehingga anda bisa menikmati lagu yang dimainkan, untuk mendapatkannya anda bisa mendengarkan lagu yang ingin dimainkan dan selanjutnya ikuti pola genjrengannya. Kemudian, yang paling penting dalam cara bermain gitar bagi pemula adalah biarkan tangan tetap bertahan untuk menekan senar sebelum masuk ke kunci selanjutnya.

Ketika anda akan memainkan kunci berikutnya, maka pindahlah secara halus tanpa merusak suara yang dihasilkan atau jangan sampai nada terdengar fals.

Praktek

belajar gitar

Yang ketiga ini adalah inti dari semua langkah cara bermain gitar bagi pemula, hanya ada satu kunci yang akan membuat anda bisa menguasai sebuah alat musik yaitu dengan praktek. Pertama kali Anda bermain gitar, sesi latihan anda minimal yaitu selama dua puluh lima menit perhari.

Tujuannya di sini adalah untuk menguatkan jari tangan anda sehingga mereka dapat terbiasa dengan senar gitar.

Untuk latihan rutin bagi jari anda caranya yaitu dengan cara menekan setiap fret menggunakan setiap jari anda dan bunyikan senar tersebut, lakukan sampai anda menghasilkan bunyi yang sempurna atau tidak buzzing, ketika anda sudah mampu melakukannya maka jari anda tidak akan ada masalah ketika digunakan untuk menekan sebuah pola chord gitar.

Jika anda sudah dapat melakukan cara belajar gitar bagi pemula yang satu ini dengan masing-masing jari, dan anda sudah tidak merasakan sakit, maka anda siap untuk memperpanjang sesi latihan Anda. Setelah latihan jari maka anda juga perlu untuk berlatih chord setiap hari, gunakan progresi chord sederhana untuk melatih dan menghafal chord gitar serta melatih strumming.

Nah itulah beberapa cara bermain gitar bagi pemula yang wajib anda ketahui.

Dengan menggunakan langkah tersebut, maka seorang pemula bisa dengan lancar bermain gitar karena tahapan tahapannya sudah urut dari yang termudah sampai tersulit. Sekian panduan tentang tahapan cara bermain gitar bagi pemula terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel