4 Cara Menyetem Gitar Dengan Cepat Dan Akurat

Mudah sebenarnya cara menyetem gitar supaya nada yang dihasilkan akurat tentunya dengan waktu yang cepat.

Saya akan berikan 4 cara stem gitar supaya gitar anda memiliki bunyi yang harmonis dan tidak fals. Caranya juga sangatlah mudah untuk anda lakukan di rumah dan langsung dapan anda praktekkan.

cara menyetem gitar

Bermain gitar memang tak hanya sekedar menggenjrengnya saja, namun juga diperlukan penyeteman gitar yang akurat. Untuk yang tidak tahu, stem atau menyetem gitar adalah sebuah cara yang dilakukan dengan memutar bagian tuning di headstock untuk mendapatkan nada yang tepat pada senar gitar.

Cara menyetem gitar memang banyak, namun untuk mendapatkan nada yang akurat dan dalam waktu yang cepat, maka anda tidak bisa melakukannya secara manual kecuali jika anda sudah sangat hafal akan bunyi frekuensi nada tertentu, seperti yang sudah saya bahas mengenai 3 Cara Menyetel Gitar Dengan Cepat dan Tepat. Jadi membutuhkan alat, namun alat itu juga sangat mudah untuk anda dapatkan.

Cara menyetem gitar

Aplikasi android pitchlab guitar tuner

cara stem gitar

Anda pasti sudah memiliki smartphone kan, manfaatkan smartphone anda untuk menyetem gitar. Anda tidak perlu lagi mencari cara menyetem gitar karena hanya perlu menginstal aplikasi tersebut di android anda.

Dengan aplikasi ini maka anda bisa melakukan tuning dengan cepat, bahkan juga mampu menerjemahkan chord yang anda mainkan pada gitar.  Selain untuk gitar, bahkan anda juga dapat melakukan tuning untuk alat musik lainnya yang menggunakan nada.

Menggunakan tuner jepit

cara bermain gitar

Cara menyetem gitar selanjutnya menggunakan alat yaitu tuner jepit. Ini adalah alternatif bagi yang tidak memiliki smartphone. Anda dapat membeli tuner jepit di toko musik dengan harga yang sangat terjangkau yaitu berkisar antara 50 – 150 ribuan tergantung dari kualitas serta kemampuan tuner tersebut.

Menggunakan tuner jepit untuk stem gitar sangat mudah. Seperti namanya tuner jepit ini memiliki sebuah jepitan yang dapat anda jepitkan pada bagian gitar misalnya bagian headstock. Pada alat ini terdapat sebuah layar, untuk yang bagus biasanya layar LCD warna.

Di layar terdapat tampilan nada yang dihasilkan misal A, B, C dan seterusnya, kemudian juga terdapat seperti penunjuk atau indikator yang menunjukkan seberapa akurat senar yang anda stem pada nada tertentu. Jika indicator berada di tengah maka nada tersebut sudah pas, namun jika terlalu kekiri atau kekanan maka anda perlu memutar tuning pada gitar lagi supaya penunjuk berada di tengah.

Memakai equalizer pada gitar akustik

belajar gitar

Equalizer adalah sebuah alat yang dapat dipasang pada gitar akustik, dengan alat tersebut tertanam pada gitar maka gitar tersebut dapat dihubungkan dengan pengeras suara atau amplifier. Pada equalizer yang bagus terdapat fitur tuning sehingga dengan melihat layar pada equalizer anda dapat mengetahui nada pada senar tertentu. Itu adalah cara menyetem yang sangat mudah tentunya, namun untuk memasang equalizer ini diperlukan biaya yang cukup merogoh kocek, karena minimal harga equalizernya saja yang terdapat fitur tuning berharga lebih dari 400 ribu.

Untuk cara ini di rekomendasikan untuk gitaris akustik yang membutuhkan kecepatan serta keakuratan dalam stem gitar.

Bahkan dipanggung pun anda bisa juga menyetem gitar dengan mudah. Tak hanya untuk tuning, equalizer juga dapat mengatur bentuk suara yang dihasilkan gitar melalui pengeras suara.

Pedal tuner stompbox

cara menyetem gitar

Ini adalah sebuah pedal stompbox, bagi para gitaris band pasti sudah mengenalnya karena mungkin alat ini sudah terpasang pada pedalboard. Satu lagi cara menyetem gitar yang sangat mudah.

Dengan memasang pedal tuner maka anda dapat menyetem gitar elektrik anda dengan cepat, sama seperti equalizer bahkan di panggung anda juga bisa melakukan penyeteman. Anda tinggal menginjak pedal dan akan muncul tampilan nada yang dihasilkan serta penunjuk keakuratan. Untuk memasangnya, kebanyakan yaitu dipasang pada awal urutan efek gitar. Biasanya dari gitar langsung menuju tuner ini dan baru ke efek lain misalnya distorsi, wah, dll.

Nah sekarang anda sudah dapat memiliki gitar dengan nada yang sempurna karena distem menggunakan alat alat canggih tersebut, namun itu akan sia sia jika anda tidak mampu memainkan kunci gantung dengan baik, oleh karena itu baca juga Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari , untuk yang ingin belajar gitar.

Memang dibutuhkan sedikit biaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal pula. Namun jika anda memiliki pendengaran yang sangat peka dan hafal nada nada tertentu, maka anda bisa tidak menggunakan alat tersebut. Sekian tulisan saya mengenai cara menyetem gitar, semoga memberi manfaat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel