Cara Membaca Tab Gitar Untuk Pemula Dengan Mudah

Dalam belajar gitar, menguasai cara membaca tab gitar adalah hal yang sangat penting. Mungkin bagi pemula belum pernah mengenal apa itu tab. Tab atau tablature adalah sebuah petunjuk yang dapat memberitahu anda senar mana saja dan di fret berapa saja yang anda harus mainkan pada lagu lagu tertentu.

Tab kebanyakan digunakan untuk petunjuk chord gitar bagi pemula dan juga untuk panduan melodi atau bagi yang ingin mencari sebuah melodi gitar pada lagu tertentu.

Cara membaca tab gitar  itu mudah, bahkan hanya sekali membaca ini anda sudah bisa menguasainya. Artikel ini merupakan seri lanjutan dari seri belajar gitar yang dapat anda lihat di sini KUMPULAN SERI BELAJAR GITAR .

cara membaca tab gitar

Cara Membaca Tab Gitar

Gitar pada umumnya memiliki enam senar (walaupun ada 7 string dan 12 string gitar juga, namun tidak akan dibahas karena kita akan membahas yang paling mendasar). Hal pertama yang anda harus tahu adalah nama dari masing masing enam senar tersebut. Pada bagian atas terdapat senar yang paling tebal, itu disebut senar 6 atau senar E karena memiliki not E pada keadaan open string. Senar selanjutnya yang berada di bawahnya yaitu senar  5 atau senar A. Senar dibawahnya lagi diantaranya adalah senar 4 atau D, senar 3 atau G, senar 2 atau B dan senar 1 atau E (senar paling tipis). Senar 1 dan 6 keduanya memiliki not yang sama yaitu E. Jika anda ingin mengetahui cara membaca tab gitar, penting untuk anda mengetahui teori tersebut dalam cara bermain gitar yang benar.

Sekarang yaitu penerapannya di tab gitar. Tab terdiri dari kumpulan gambar berupa semacam garis garis yang mewakili setiap senar pada gitar. Jika anda belum pernah melihat tab gitar, seperti ini bentuknya :


cara bermain gitar
Pada gambar tab tersebut saya telah menulis nama setiap senar (berupa not setiap senar saat open string) di sebelah kirinya, pada beberapa tab kadang ada yang tidak menuliskannya. Oleh karena itu anda harus sudah memahami tentang nama nama senar itu saat belajar cara membaca tab gitar. Yang perlu anda perhatikan adalaha nomor senar, pada tab memang terbalik dari nomor senar pada gitar. Senar nomor 6 yang pada gitar berada di paling atas, pada tab terdapat di paling bawah sedangkan senar 1 juga sebaliknya.

Di atas adalah gambar tab dengan keadaan open string atau tidak ada  yang ditekan. Hal berikutnya yang ada pada tab gitar adalah nomor nomor pada garis. Ini adalah hal utama yang wajib anda kuasai jika belajar cara membaca tab gitar. Angka-angka pada garis yaitu mewakili sebuah fret gitar. Jika angka 1, maka berarti fret 1, angka 2 berarti fret 2, angka 0 berarti open string, dan seterusnya namun tergantung di senar apa nomor itu berada.. Sebagai contoh:

belajar gitar

Sebuah tab gitar dibaca dari kiri ke kanan seperti ketika anda membaca normal. Jika kita lihat pada contoh tab di atas, maka yang pertama harus anda mainkan adalah dari senar D pada fret 0, senar G pada fret 2, senar B pada fret 3 dan selanjutnya. Tak hanya dimainkan satu persatu, tab juga bisa dimainkan beberapa senar sekaligus. Contohnya yaitu pada sebuah chord gitar, dibawah ini adalah gambar chord gitar D menggunakan tab.

cara membaca tab gitar

Bagi anda yang sedang belajar cara membaca tab gitar mungkin bingung bagaimana cara membacanya karena berbeda dengan tab sebelumnya. Perbedaannya yaitu pada tab ini letak angkanya sejajar atau sama, itu berarti anda harus memainkan semua senar yang terdapat angkanya pada saat yang sama yaitu dengan cara menggenjreng / strumming. Pola di atas adalah sebuah kunci D, sama halnya ketika anda belajar kunci gitar tanpa tab seperti di artikel sebelumnya yaitu Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula. Tanda pada tab tersebut X menunjukkan bahwa senar tersebut tidak dimainkan. Dapat diartikan bahwa anda tidak memetik senar tersebut. Itu merupakan hal sangat mendasar yang harus dikuasai jika ingin cara membaca tab gitar dengan benar.

Sekarang yang lebih detail yaitu simbol khusus yang digunakan dalam tab (kebanyakan digunakan tab gitar melodi atau solo gitar), simbol ini menunjukkan teknik yang harus digunakan saat memetik senar tersebut, namun bagi pemula yang sedang belajar cara membaca tab gitar apalagi masih belajar cara bermain gitar, simbol ini tidak perlu anda gunakan karena ini hanya untuk teknik permainan solo gitar yang sudah mahir . Berikut ini contoh simbolnya :

p = pull off
h = hammer on
\ = slide (downward)
b = string bend
/ = slide (upward)
~ = string vibrato

Penggunaan simbol simbol tersebut pada tab :

cara bermain gitar

Anda tidak harus menguasai cara membaca tab gitar yang ini jika hanya ingin menggunakannya untuk membaca chord. Senar D pada fret 9 dimainkan, Kemudian anda kan melihat angka 9h11. Ini berarti anda harus menekan senar D pada 9 fret, dan menggunakan teknik “hammer on” ke fret 11.  Berikutnya kita lihat 11p9, ini berarti menekan senar D pada fret 11 kemudian "pull-off" di fret 9.  Selanjutnya, terdapat 11/12, ini berarti anda menekan senar D fret 11 dan kemudian "slide" jari anda ke fret 12.

Pada artikel ini saya hanya akan membahas cara membaca tab gitar, untuk teknik teknik tersebut belum akan saya bahas pada artikel ini karena itu adalah teknik untuk yang sudah mahir dalam bermain gitar. Dengan memahami dasar dasar di atas maka anda akan mudah dalam belajar tab gitar dan belajar chord gitar seperti pada artikel sebelumnya Cara Belajar Kunci Kunci Dasar Gitar Lebih Cepat. Demikian artikel panduan tentang cara membaca tab gitar semoga membantu anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel