Belajar Kunci Dasar Gitar Dengan Trik Ajaib #Seri 3

Salah satu hal yang perlu dikuasai sebelum bermain gitar yaitu belajar kunci dasar gitar. Kunci gitar adalah sebuah susunan nada yang ditekan pada senar sehingga menghasilkan paduan bunyi yang harmonis.

Sedangkan kunci dasar yaitu kunci yang wajib dikuasai sebelum anda dapat mengembangkan kunci kunci tersebut menjadi kunci yang lebih rumit, kita misalkan kunci A, B, C, D, E, F, dan G. Ke tujuh chord tersebut merupakan jenis jenis kunci dasar yang wajib dipelajari ketika sedang belajar cara bermain gitar.

Hal itu dikarenakan kunci kunci tersebut adalah terdapat dalam tangga nada standar yaitu do = C, oleh karena itu chord tersebut sangat banyak digunakan dalam permainan gitar. Pada trik seri ketiga ini akan saya bahas lagi cara bermain gitar lengkap, untuk seri seri lainnya dapat anda baca pada Kumpulan Seri Belajar Gitar .

kunci dasar gitar

Belajar Kunci Gitar

belajar kunci gitar

Triknya yaitu dengan menghafal satu pola chord terlebih dahulu. Untuk pertama anda dapat menghafal misalnya secara urut yaitu dari kunci A, ulangi secara terus menerus sampai anda bisa dengan mudah menghafal kunci tersebut di luar kepala anda. Selain itu anda juga harus membuat jari anda menekan senar gitar dengan sempurna.

Dengan menekan sempurna maka  akan dihasilkan bunyi yang merdu dan tidak cempreng. Untuk bisa menguasai hal ini memang diperlukan proses yang tidak cepat, namun jika anda belajar kunci gitar secara terus menerus saya yakin pasti bisa dengan mudah menguasainya.

Lakukan cara ini sambil anda melakukan strumming atau genjreng pada senar sampai terdengar bunyi yang enak didengar. Setelah anda lancar kunci A, maka selanjutnya bisa belajar kunci A minor, kemudian B dan seterusnya sampai anda menguasai semua kunci gitar di atas.

Selanjutnya coba memainkan progresi chord yang sederhana. Setelah anda bisa menguasai semua kunci dasar gitar tersebut, maka sudah saatnya anda mempraktekkan hasil belajar kunci gitar yang telah anda lakukan. Cara pertama dengan memainkan sebuah progresi chord yang sederhana.

Untuk yang belum tahu progresi, dalam permainan gitar ada sebuah progresi yaitu perputaran kunci gitar yang dimainkan misalnya A-F-C-G. Anda dapat memainkan progresi sederhana misalnya A-F-C-G kemudian Em-C-G-D dan sebagainya.

Progresi tersebut cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan pemula yang sedang belajar cara bermain gitar. Cara kedua yaitu dengan memainkan lagu lagu yang mudah, untuk cara ini diperlukan perasaan karena anda harus mengiringi sebuah lirik lagu.

cara bermain gitar

Kunci Dasar Gitar

Untuk belajar kunci dasar gitar anda harus meningkatkan kemampuan atau kelenturan anda dalam menekan sebuah senar gitar.

Hal itu dikarenakan jika anda sudah mampu dengan sempurna menekan senar, maka otomatis anda sudah bisa mendengarkan bagaimana bunyi sebuah chord gitar. Hal itu lama kelamaan pasti akan membuat anda semakin peka atau hafal dengan bunyi sebuah chord sehingga ketika anda mengiringi sebuah lagu maka anda akan dengan mudah menebak kunci yang digunakan dalam lagu tersebut.

Setelah anda hafal semua chord dasar gitar di luar kepala, maka akan sangat mudah untuk anda memainkan sebuah lagu. Bahkan jika anda sudah terbiasa dengan kolom atau fret gitar yang anda pegang maka anda tidak perlu lagi melihat ke tangan anda ketika ingin berubah kunci.

Namun untuk belajar kunci gitar dan memainkan gitar memang diperlukan sebuah usaha yang tidak sedikit. Membutuhkan waktu untuk anda dapat menguasai berbagai bentuk kunci dasar gitar sehingga anda sebaiknya bersabar dan jangan terburu-buru.

Sekian tulisan saya tentang belajar kunci dasar gitar, semoga memberikan banyak manfaat bagi pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel