Tips dan Cara Bermain Gitar di Sebuah Band Untuk Pemula

Cara bermain gitar untuk pemula di sebuah band memang berbeda dengan ketika kita bermain gitar sendiri. Hal itu dikarenakan kita dituntut untuk mengiringi sekaligus mengikuti tempo dari seorang drummer. Apalagi jika anda adalah seorang gitaris lead, itu akan sangat berbeda karena anda harus memainkan melodi dengan tempo yang tepat.

Jika anda masih sangat pemula dan belajar cara bermain gitar, maka anda bisa belajar unuk menghafal chord gitar dengan cepat pada artikel sebelumnya 

Cara Bermain Gitar Metode Menghafal Semua Chord Dengan Cepat

cara bermain gitar untuk pemula

Cara Bermain Gitar Untuk Pemula :

Ketahui Genre Anda

Cara bermain gitar di sebuah band untuk pemula yang pertama adalah ketika anda akan bergabung dalam sebuah band ataupun akan membentuk sebuah band, maka sebelumnya pastikan dulu apa genre anda. Itu bisa anda lakukan dengan sering-seringlah mendengarkan lagu dari berbagai genre. Setelah itu anda tentukan genre mana yang lebih cocok dengan cara bermain gitar anda, dan juga cocok dengan diri anda sendiri.

Menentukan genre adalah hal yang penting karena jika anda tidak memilih genre yang tepat, kemungkinan besar anda menjadi lebih malas ketika berlatih.

Sering Berlatih Dengan Band
cara bermain gitar

Berlatih adalah hal yang sangat bermanfaat baik bagi anda sendiri maupun untuk band anda. Dengan rutin berlatih misalnya seminggu sekali, maka akan timbul kekompakan dari antar personil band anda.

Setelah semua personil kompak, maka jika akan mengaransemen sebuah lagu itu akan lebih mudah karena setiap personil sudah mengetahui karakter masing-masing personilnya. Untuk berlatih band, tidak harus selalu di studio musik, namun bisa seperti berkumpul dan bernyanyi bersama. Ini juga dapat melatih permainan gitar jika anda masih belajar cara bermain gitar untuk pemula.

Pelajari Berbagai Macam Teknik Bermain Gitar

Setelah anda bisa bermain gitar, untuk bermain dalam sebuah band maka anda perlu meningkatkan kemampuan dalam bermain gitar.

Jika anda masih pemula dan dalam tahap belajar cara bermain gitar, untuk belajar melodi memang membutuhkan waktu dan lebih sulit. Oleh karena itu, anda bisa bermain sebagai rhythm di band anda terlebih dahulu.

Imrpove Permainan Anda
belajar cara bermain gitar

Jika anda sudah menguasai cara bermain gitar dengan baik dan tentunya menguasai banyak teknik bermain gitar, maka untuk menambah variasi dan juga membuat band anda terlihat lebih menarik.

Anda bisa melakukan improvisasi pada setiap permainan anda misalnya ketika solo atau melodi gitar, anda bisa melakukan improvisasi namun tentunya dengan memperhatikan scale dan nada dasarnya, untuk tekniknya juga sudah saya bahas pada Cara Bermain Melodi Gitar Dengan Belajar Scale .

Jangan Egois Dalam Segala Hal

belajar cara bermain gitar untuk pemula

Cara bermain gitar untuk pemula dalam sebuah band yang selanjutnya adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan keegoisan diri anda. Misalnya egois dalam segi sound, selalu pastikan bahwa sound gitar anda dalam volume yang setara dengan instrument lain, jangan sampai sound gitar anda menutupi instrument lainnya, itu akan sangat mengganggu personil yang lain.

Kemudian ketika anda menggarap sebuah lagu dengan semua personil, dengarkan semua pendapat yang masuk dan yang jelas hilangkan keegoisan anda. Dalam sebuah band terdiri dari banyak personil dan bukan hanya anda, sehingga personil lain juiga mempunyai hak.

Itulah beberapa poin poin yang bisa anda perhatikan jika ingin bermain gitar dalam sebuah band atau menjadi seorang gitaris.

Dengan memperhatikan banyak hal tersebut, maka band yang anda bangun tersebut akan menjadi lebih baik dan anda juga mudah beradaptasi dengan band tersebut. Sekian tentang cara bermain gitar untuk pemula terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel