Cara Mudah Belajar Gitar Klasik Fingerstyle Untuk Pemula #Seri 11

Banyak cara mudah belajar gitar yang bisa anda lakukan supaya dapat dengan mudah bisa memainkan alat musik ini. Tentu sebelumnya saya sudah bagikan banyak tips dan trik di blog ini. Pada artikel ini yang akan saya bahas yaitu mengenai belajar gitar klasik. Gitar ini adalah salah satu jenis gitar yang juga cukup digemari banyak orang.


Pada umumnya, gitar klasik sebenarnya tidak jauh beda dengan gitar akustik, yang membedakan hanya senar yang digunakan saja. Gitar akustik menggunakan senar stainless ataupun baja sedangkan gitar klasik menggunakan senar nylon yang tentu teksturnya lebih empuk daripada senar gitar akustik biasa.

Belajar gitar klasik juga direkomendasikan untuk pemula karena bagi jari yang belum terlatih, akan lebih mudah untuk menekan senar dengan sempurna dibandingkan menggunakan gitar akustik. Yang akan saya bagi kali ini adalah cara mudah belajar gitar untuk teknik fingerstyle. Lihat juga : Harga gitar akustik yang mungkin kalian butuhkan. 

cara mudah belajar gitar

Cara Mudah Belajar Gitar

Mungkin anda pernah dengar kata fingerstyle, itu adalah salah satu teknik bermain gitar yang cukup populer dan banyak menggunakan gitar klasik. Pada teknik ini dihasilkan bunyi melodi, rhythm, serta bass dengan hanya menggunakan satu gitar saja. Teknik ini dapat disebut teknik untuk tingkat mahir, oleh karena itu jika anda masih dalam tahap belajar gitar sebaiknya anda bersabar untuk melakukan teknik fingerstyle, pelajari terlebih dahulu seri sebelumnya dari cara bermain gitar.

belajar gitar klasik

Untuk memainkan teknik fingerstyle, kita dituntut untuk bisa memaksimalkan jari jari kita dalam menekan serta memetik senar. Hal itu dikarenakan 3 elemen harus kita mainkan secara bersamaan. Biasanya banyak orang yang mencover lagu lagu tertentu dan mengubah liriknya menggunakan melodi melodi gitar, tanpa menghilangkan iringan atau rhythm serta bassnya.

Belajar Gitar Klasik

cara bermain gitar
Yang perlu pertama anda lakukan adalah dengan menentukan lagu apa yang akan anda ubah menjadi melodi  fingerstyle. Untuk yang baru belajar gitar klasik sebaiknya pilih lagu yang mudah dan slow. Gunakan semua bagian jari anda untuk memetik dan menekan senar gitar.

Cara mudah belajar gitar ini akan dapat anda kuasai jika anda sudah lancar memainkan petikan pada gitar.

Jari yang bertugas memetik senar untuk memainkan melodi dan rhythm adalah jari telunjuk,  jari tengah, jari manis, dan jari kelingking sedangkan untuk yang bertugas memainkan bass adalah ibu jari. Pada jari kiri yang digunakan untuk menekan senar, sebelum belajar gitar klasik sebaiknya anda lakukan peregangan atau senam jari terlebih dahulu supaya lebih lentur. Jari kiri dapat anda gunakan untuk membentuk chord yang nantinya bisa menghasilkan suara melodi, rhythm serta bass tanpa harus berpindah pindah dengan susah. 

Koordinasi antar jari juga diperlukan karena pada teknik ini kita tidak hanya memainkan satu nada atau satu elemen saja, namun ada 3 elemen yang harus dimainkan sekaligus. Cara mudah belajar gitar teknik fingerstyle adalah dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk terlebih dahulu untuk pemula. Elemen yang dimainkan cukup bass dengan melodi saja, itu sudah cukup untuk seorang pemula yang sedang mempelajari cara bermain gitar teknik fingerstyle.

Dengan memainkan dua elemen saja anda sudah bisa memainkan fingerstyle walaupun masih kurang rhythm namun hal ini bisa anda lengkapi seiring berjalannya waktu.

Setelah anda terbiasa memainkan bass dan melodi secara bersamaan maka anda akan menjadi semakin lancar dalam belajar gitar klasik fingerstyle, nah pada saat itu anda dapat melatih jari anda untuk juga memainkan rhythm . itu adalah salah satu trik cara mudah belajar gitar untuk teknik ini.

Selain belajar gitar klasik, teknik ini juga dapat anda terapkan pada gitar jenis lainnya seperti gitar akustik ataupun gitar elektrik. Namun untuk gitar akustik, anda pasti akan menemui kesulitan karena senar yang ditekan lebih susah dan keras daripada gitar klasik sehingga mungkin nada yang dihasilkan akan fals atau tidak berbunyi sempurna. Oleh karena itu untuk cara mudah belajar gitar sebaiknya gunakan gitar klasik.

Diperlukan proses belajar gitar klasik yang bertahap dan tidak bisa langsung. Mungkin sampai disini panduan yang saya berikan tentang cara mudah belajar gitar silahkan dipraktekkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel