Kunci Bermain Melodi Gitar Untuk Pemula

Kunci melodi gitar memang diperlukan untuk pemula yang sedang belajar cara bermain melodi gitar. Belajar sebuah solo gitar memang sangat menantang karena anda dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan anda dalam bermain gitar. 

Ini memang terasa sulit dan memakan waktu anda. Berikut adalah beberapa tips dan kunci yang akan membantu anda untuk bisa dengan lancar bermain melodi gitar.


kunci melodi gitar

Kunci Melodi Gitar

1. Menguasai tempo dan tidak buta tempo 

cara bermain gitar

Kunci melodi gitar yang pertama yaitu tempo. Seperti ketika anda belajar bernyanyi, bermain gitar, bermain drum ataupun alat musik lainnya.

Tempo adalah hal yang sangat penting ketika memainkannya. Hal itu karena tempo berpengaruh terhadap kecepatan musik yang anda mainkan. Memang tidak masalah jika anda hanya bermain seorang diri, namun bagaimana jika anda bermain bersama teman lainnya yang mengiringi permainan melodi gitar anda ? pasti mereka akan terlalu susah mengiringi jika anda buta akan tempo. Oleh karena itu sangat penting untuk melatih tempo dalam bermain melodi.

Anda bisa menggunakan metronome aplikasi android ataupun aplikasi pc yang dapat anda install untuk membantu anda belajar melodi. Setelah anda terbiasa berlatih tempo, maka dengan sendirinya otak anda akan otomatis membuat tempo sendiri jadi tidak diperlukan lagi metronome.

2. Awali dengan pelan

Ini adalah salah satu aspek yang sering diabaikan pemula. Kunci bermain melodi gitar yaitu jangan terburu-buru untuk mencoba bermain dengan kecepatan penuh, terutama jika anda masih belajar bagaimana memainkannya.

Selalu awali proses belajar dengan tempo yang lambat atau pelan, setelah anda bisa menguasai dengan tempo lambat, maka naikkan lagi tempo kemudian secara bertahap anda menaikkan temponya sehingga tercapai kecepatan penuh dengan mudah. Seperti yang sudah saya bahas pada kunci melodi gitar diatas, metronome adalah hal yang sangat membantu anda untuk belajar bermain melodi gitar.

3. Belajar teknik secara bertahap

Kunci melodi gitar yang selanjutnya yaitu dalam belajar anda harus secara bertahap. Bertahap dalam artian, pertama anda belajar teknik yang mudah , kemudian setelah anda belajar teknik yang mudah tersebut, maka tingkatkan lagi ke teknik yang lebih susah, dan hal it uterus berlanjut sampai teknik yang anda inginkan.

Tidak akan efektif jika anda belajar langsung teknik yang sulit tanpa belajar teknik teknik yang mudah terlebih dahulu karena anda akan mengalami kesulitan nantinya. Untuk belajar teknik dasar bermain melodi gitar dapat anda baca di Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa.

4. Kuasai scale untuk bisa menciptakan sebuah melodi

Scale adalah hal yang lazim dalam permainan solo gitar, scale ini membantu kita dalam menentukan senar mana yang harus ditekan supaya melodi yang anda mainkan tetap serasi dengan iringannya. Kunci melodi gitar yang ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin bisa membuat solo gitar sendiri, anda hanya perlu berkreasi untuk bisa membuat improvisasi yang menarik.

Untuk pembahasan lengkapnya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yang linknya sudah saya cantumkan pada paragraf pertama tadi.

5. Jamming itu penting

kunci bermain melodi gitar

Kunci melodi gitar yang terakhir adalah pentingnya jamming untuk meningkatkan permainan solo gitar anda. Jamming adalah bermain bersama mungkin teman anda yang memainkan alat musik lainnya misalnya gitar, bass ataupun drum.

Sebelum anda melakukannya, anda perlu untuk membuat kesepakatan tentang nada dasar dan scale yang akan dimainkan.

Sebaiknya anda memilih yang sudah anda hafal scalenya saja untuk mempermudah. Nah setelah itu anda bisa bermain dan berkreasi dengan teman anda tersebut untuk menciptakan nada nada improvisasi. Dengan jamming ini bisa membantu anda meningkatkan improvisasi permainan melodi gitar.

Kuasai 5 kunci melodi di atas dan anda bisa menjadi seorang master dalam bermain melodi gitar. Setelah itu, anda bisa bermain sebagai gitaris lead pada band anda.

Selain mampu memainkan teknik teknik yang susah juga anda bisa menciptakan sebuah melodi yang indah. Demikian tentang kunci melodi gitar semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel