Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa

Belajar melodi gitar merupakan sebuah level lanjutan dalam belajar gitar, setelah anda menguasai cara bermain gitar dengan benar beserta teknik teknik dasar misalnya strumming, fingerpicking maupun teknik lainnya. Belajar melodi ini adalah lanjutan dari itu semua.

Sama seperti ketika anda belajar gitar, untuk bermain melodi gitar ini juga bisa anda pelajari sendiri atau otodidak. Sebelum itu, bagi anda yang ingin belajar gitar silahkan lihat di Panduan Prinsip Belajar Gitar Untuk Pemula .

belajar melodi gitar

Kebanyakan orang yang melihat orang lain bermain melodi gitar, kadang mereka memutuskan bahwa mereka ingin belajar bermain juga. Untuk memulai belajar melodi gitar, anda bisa awali dengan belajar rhythm (sudah anda kuasai), picking sederhana, dan memainkan tab lagu yang anda sukai. Jika anda berhasil melewati tahap ini, maka anda sudah menguasai dasar dasar untuk bermain melodi gitar pemula.

Setelah itu, anda bisa meningkatkan permainan dan membuat nada nada yang dihasilkan dari melodi tersebut lebih bervariasi yaitu dengan menggunakan teknik teknik dalam melodi gitar misalnya melempar hammer on, pull off, dan slide ke permainan melodi gitar anda.

Nah teknik tersebut yang akan kita bahas pada artikel ini. Dalam permainan sebuah melodi gitar, pada umumnya menggunakan teknik tersebut. Selain itu, pada tab gitar juga terdapat simbol simbol khusus untuk menggunakan teknik teknik itu, lebih lengkapnya silahkan klik Cara Membaca Tab Gitar Untuk Pemula .

Belajar Teknik Melodi Gitar :

Hammer on

Hammer on adalah salah satu teknik yang harus anda kuasai pertama dalam belajar melodi gitar, teknik ini yaitu menghubungkan dua not atau lebih dalam waktu yang cepat, atau lebih mudahnya anda memainkan sebuah not selanjutnya pada senar yang sama memainkan not lainnya tanpa memetiknya lagi sehingga jari yang anda gunakan untuk menekan tersebut harus cepat dalam menekan sebelum senar berhenti.

Hammer on dilambangkan dengan huruf “h” pada tab, sebagai contoh latihan gunakan tab berikut:

cara bermain gitar
Untuk belajar melodi gitar tab diatas adalah contoh menggunakan teknik hammer on. Pertama petiklah senar 1 terbuka dengan cukup kuat untuk menghasilkan bunyi yang tahan lama, dengan cepat pukulkan jari telunjuk anda ke senar 1 fret 3.

Nah sampai disini anda sudah bisa menghasilkan dua nada dengan sekali petik. Kuasai terlebih dahulu untuk bermain dengan 2 nada, setelah itu baru anda bisa belajar untuk 3 nada. Setelah anda memukul dengan jari ke fret 3 sekarang dengan cepat lagi pukulkan jari tengah anda ke fret 5. Dengan sekali petik anda bisa menghasilkan 3 nada sekaligus.

Pull off

Teknik pull off ini kebalikan dari teknik hammer on yang sudah saya berikan pada belajar melodi gitar di atas. Anda sudah tahu bahwa pada teknik hammer on, kita membunyikan nada dari fret atas ke fret bawahnya dengan sekali petik. Nah untuk pull off ini kebalikannya, anda membunyikan beberapa nada dari fret bawah ke atasnya dengan sekali petik. Sebagai contoh untuk belajar melodi gitar, gunakan tab berikut ini:

belajar gitar melodi
Anda perlu menempatkan jari tengah di senar 1 fret 7 dan jari telunjuk di fret 5, kemudian memetiknya, dengan cepat angkat jari tengah anda sehingga dapat menghasilkan dua nada dalam sekali petik. Untuk senar lainnya juga dapat anda lakukan dengan cara yang sama.

Slide

Slide dilakukan dengan memilih sebuah not dan kemudian geser jari yang tersebut ke fret yang lain dalam senar yang sama tanpa mengangkat jari , sehingga jari masih tetap menempel pada senar ketika mengubah posisi. Slide ini juga terbagi menjadi dua yaitu slide kebawah lambangnya “\” dan slide keatas lambangnya “/”. Berikut ini tab belajar melodi gitar untuk teknik slide:
cara belajar gitar
Pertama anda bisa memetik senar 1 fret 7 dengan jari tengah kemudian slide atau seret ke atas sampai fret 5. Untuk slide kebawah, setelah melakukan pola tadi maka tempatkan jari telunjuk pada senar 2 fret 5 , petik dan seret jari sampai ke senar 7.

Vibrato

Vibrato ini memang sama dengan teknik yang digunakan penyanyi untuk menyanyikan nada yang panjang. Teknik Ini dilakukan dengan bermain sebuah not dan kemudian menggetarkan senar tersebut keatas bawah sehingga dihasilkan suara yang bergetar halus.

Teknik ini akan lebih mudah dilakukan pada gitar elektrik karena senarnya yang tidak terlalu tebal. Lebih mudahnya mari kita lihat gambar untuk belajar melodi gitar vibrato, saya rasa tidak perlu menggunakan tab karena dalam teknik ini hanya menggunakan sebuah nada dan itu bisa anda latih sendiri .

belajar melodi gitar

Setelah anda menempatkan jari pada sebuah senar, maka selanjutnya anda perlu memetik senar tersebut dengan cukup kuat sehingga nadanya keras dan lama. Kemudian getarkan jari yang anda gunakan untuk menekan tersebut ke atas bawah dengan tetap menjaganya berada pada senar dan senar tetap berbunyi. Lakukan dengan mengulangi getaran tersebut ke atas-bawah sampai ketukan tertentu dan akan dihasilkan sebuah bunyi yang bergetar.

Bending

Jika anda sudah bisa meminkan teknik vibrato pada belajar melodi gitar di atas maka anda pasti bisa memainkan teknik bending ini.

Bending adalah teknik yang hampir sama dengan vibrato, namun bedanya jika vibrato kita menggetarkan senar keatas dan kebawah, pada teknik bending ini kita hanya perlu mendorong senar ke atas saja sehingga dihasilkan nada yang lebih tinggi dengan suara yang melengking.

belajar bermain melodi gitar

Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan, saya memiliki trik untuk teknik bending ini. Triknya yaitu, jika anda memainkan sebuah nada tunggal dan akan melakukan bending usahakan anda menekannya dengan jari manis (jari 3) dan jari tengah (jari2) sehingga senar tersebut ditekan oleh 2 jari.

Jangan lewatkan :
Trik Menghafal Kunci Gitar
Cara Bermain Kunci Dasar
Cara Bermain Gitra Elektrik

Dengan catatan, jari 3 lah yang berada pada fret dimana nada akan anda mainkan dan jari 2 dibelakangnya sehingga dapat dikatakan untuk mengcover dan memperkuat jari 3. Setelah memetiknya, lakukan bending dengan 2 jari tersebut.

Menggunakan 2 jari akan membuat jari anda melakukan bending lebih kuat daripada jika hanya 1 jari saja. Bahkan anda bisa menambahkan jari telunjuk lagi dibelakang jari tengah sehingga menjadi 3 jari. Trik ini cukup efektif untuk belajar melodi gitar bagi pemula. Jika kurang jelas lihatlah gambar di atas, pada gambar tersebut dia menggunakan 3 jari untuk membending senar.

Nah untuk belajar semua trik di atas anda bisa memainkan tab berikut ini :

Saya rasa beberapa teknik di atas sudah cukup untuk seorang pemula yang baru belajar melodi gitar. Teknik tersebut banyak digunakan pada permainan melodi gitar. Untuk berlatih, anda bisa memainkan tab di atas, jika tab tersebut sudah anda kuasai maka anda bisa mencari tab lain di internet ataupun solo gitar dari lagu yang anda suka.

Demikian panduan tentang belajar melodi gitar semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel