Trik Menghafal dan Belajar Kunci Gitar Lengkap Dengan Cepat

Ketika pertama kali memulai belajar gitar sebelum belajar kunci gitar lengkap, semua chord memang terlihat membingungkan dan membuat pusing.

Chord chord tersebut memang sangat susah untuk dihafal, mungkin kadang anda lupa namanya ataupun pola bentuk kunci gitarnya tersebut.

Namun, mengetahui dan hafal tentang kunci gitar itu wajib hukumnya bagi yang ingin bisa bermain gitar, jika anda merasa susah untuk menghafal chord gitar sebaiknya lakukan tips berikut ini yang mampu membantu anda dalam menghafal dan belajar kunci gitar lengkap dengan cepat.

belajar kunci gitar lengkap

Belajar Kunci Gitar Lengkap

Jangan belajar semua kunci pada satu waktu

Daripada anda belajar mengingat semua chord pada waktu tertentu, maka cara yang terbaik untuk belajar kunci gitar lengkap yaitu dengan belajar misalnya dua kunci, atau bahkan satu kunci saja untuk pemula.

Chord yang paling penting adalah chord A, chord ini juga sangat sederhana bagi seorang pemula sekalipun. Setelah anda menguasai chord A, mungkin mulai belajar chord C. Walaupun terlihat membingungkan saat awal belajar, tetapi kunci C juga tidak terlalu susah. Kedua chord ini sangat penting ketika anda belajar cara bermain gitar.

Dengan anda belajar beberapa chord dalam satu waktu maka berarti hanya sedikit yang perlu anda ingat dan hafal pada waktu tersebut. Ini lebih baik daripada anda belajar dengan menghafal semua chord dalam waktu yang sama, itu akan sangat susah untuk pemula.

Oleh karena itu dengan belajar beberapa chord saja terlebih dahulu secara bertahap akan lebih mudah untuk pemula belajar kunci gitar lengkap.

Praktek perpindahan antar chord

cara bermain gitar

Ketika anda menghafal mana posisi jari jari anda ketika memainkan chord A dan C, maka untuk mempercepat proses belajar anda dapat mencoba berlatih untuk memainkan keduanya dan berpindah dari chord A ke C atau sebaliknya.

Bagi pemula belajar kunci gitar lengkap ini tidak harus dilakukan dengan cepat namun harus dipraktekkan dengan perlahan saat anda memulai.

Secara bertahap, anda akan dapat mempercepat perpindahan antara dua chord tersbut dan belajar bagaimana memainkan lagu. Trik untuk melakukannya yaitu hanya diperlukan fokus pada perasaan anda tentang di mana posisi jari-jari tersebut dan hal itu juga akan membangun ingatan pada otot di tangan anda sehingga menjadi terbiasa.

Setelah kunci A dan C maka anda bisa belajar kunci gitar lengkap yang lainnya jika sudah menguasai kedua kunci tersebut.

Guru itu penting

Seorang guru tidak hanya akan mengajarkan anda posisi jari yang benar maupun tekniknya, mereka juga secara tidak langsung memotivasi anda untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari.

Mungkin yang ada dipikiran anda guru itu adalah guru privat atau guru kursus bermain gitar yang akan menghabiskan banyak uang anda, namun guru tidak selamanya adalah itu, anda bisa mencari guru yang lain misalnya teman anda yang bisa bermain gitar ataupun seperti yang anda lakukan sekarang untuk belajar kunci gitar lengkap yaitu dengan membaca sebuah artikel di blog ini, hal tersbut juga dapat dikatakan sebagai guru.

Mencetak diagram chord gitar

belajar kunci gitar lengkap

Diagram chord gitar menunjukkan dengan tepat di mana untuk menempatkan jari-jari anda dan jari apa saja yang digunakan dalam sebuah kunci gitar. Ini akan membantu anda memahami bagaimana bentuk chord tersebut pada fretboard gitar.

Pelajari lagu-lagu sederhana

Belajar lagu yang mencakup chord dasar akan membantu anda untuk menghafal chord gitar dan belajar kunci gitar lengkap tersebut lebih cepat daripada hanya bermain sebuah chord berulang-ulang.

Cobalah untuk belajar lagu yang sederhana tapi populer sehingga anda dapat memainkannya kepada teman dan keluarga anda.

Lagu yang saya bahas pada artikel tersebut cukup populer dan hanya memerlukan beberapa kunci gitar yang diulang-ulang sampai akhir lagi. Hal ini membuat anda mudah untuk mengingat dan juga anda bisa sambil bernyanyi.

Dengan mengingat chord gitar apa saja yang ada pada sebuah  lagu itu akan membantu anda untuk mengingat bagaimana bentuk chord tersebut dan bunyi yang dihasilkannya.

Mungkin beberapa tips di atas cukup untuk anda praktekkan dalam belajar kunci gitar dan meningkatkan daya ingat anda dalam menghafalnya. Sekian tentang belajar kunci gitar lengkap semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel