Belajar Meningkatkan Kecepatan Bermain Melodi Gitar

Belajar melodi gitar terutama dalam kecepatan permainan memang sangat menarik bagi setiap gitaris. Dengan kecepatan tersebut maka itu dapat meningkatkan gaya, teknik serta variasi permainan melodi gitar yang anda mainkan. 

Jari-jari anda akan merasa ringan serta fleksibel dan anda akan mendapatkan lebih banyak kebebasan dalam bermain gitar.

belajar melodi gitar

Meningkatkan kecepatan dalam belajar melodi gitar mungkin anda akan mengalami beberapa tantangan yang membutuhkan banyak kesabaran dan kerja keras. ''Jika anda hanya berlatih pada waktu yang lama itu tidak selalu efektif dalam meningkatkan kecepatan permainan melodi , anda harus melakukannya dengan cara yang benar dalam belajar melodi gitar. Sebelumnya jika anda sedang belajar gitar, maka artikel sebelumnya bermanafat silahkan klik Aplikasi Gitar Untuk Belajar Dengan Cepat .

Belajar Melodi Gitar :


Praktek dengan lambat

cara bermain gitar

Kebanyakan orang yang belajar melodi gitar mereka tidak memiliki cukup kesabaran. Mereka ingin bermain dengan cepat. Namun perlu anda tahu, untuk bisa bermain dengan cepat kita harus memulainya dengan lambat. Sebaiknya anda tidak mengabaikan hal ini atau anda akan lebih susah dalam mempercepat permainan melodi.

Mulailah belajar melodi gitar dengan lambat dan bertahap akan membangun kecepatan anda. Pastikan anda bermain dengan posisi tangan yang tepat dan postur tubuh yang baik. Tetaplah bermain dengan lambat sampai anda bisa memainkan setiap not dengan bersih dan tidak fals.

Gunakan metronom

Seperti yang sudah banyak saya katakana, untuk belajar melodi gitar lebih akurat dan mendapatkan kecepatan anda sampai ke tingkat tinggi, anda perlu belajar untuk bermain dengan metronom. Anda bisa mendapatkan metronom di toko gitar, mengunduh aplikasi metronome untuk smartphone, ataupun aplikasi pada pc.

Hindari ketegangan pada jari

Ketika anda mencoba untuk bermain lebih cepat, maka jari-jari anda mungkin akan sedikit lebih tegang. Ketegangan itu mengurangi kecepatan jadi cobalah untuk meregangkan jari anda sebelum bermain. Buatlah otot pada jari jari anda rileks sehingga jari tersebut akan lentur ketika digunakan untuk memainkan kecepatan penuh. 

Anda juga perlu menghindari ketegangan di bagian lain tubuh anda seperti pergelangan tangan, lengan, bahu dan punggung. Bagian bagian tersebut memiliki efek pada permainan melodi gitar anda tersebut. Hal ini sangat berpengaruh dalam belajar melodi gitar.

Praktek lebih cepat

belajar melodi gitar

Setelah anda dapat bermain tempo lambat dengan jelas, maka ini saatnya anda dapat mencoba untuk bermain lebih cepat. Seperti tips kedua di atas, menggunakan metronome adalah hal yang terbaik dalam belajar melodi gitar. 

Anda bisa meningkatkan kecepatannya mungkin setingkat lebih cepat menggunakan metronome, hal itu akan lebih akurat daripada anda tidak menggunakan metronome..

Jika anda masih merasa susah untuk bermain lebih cepat, maka anda bisa belajar melodi gitar dengan menurunkan lagi kecepatannya sampai anda merasa bisa dan mampu melakukan dengan sempurna. Setelah kecepatan tersebut lancar, maka anda bisa meningkatkannya lagi.

Merekam video ketika bermain

Banyak cara untuk melihat apa yang sebenarnya anda lakukan ketika sedang bermain gitar dan bagaimana anda melakukannya apakah sudah benar atau belum, salah satunya adalah dengan merekam video setiap latihan atau minimal seminggu sekali. 

Dengan cara ini maka anda bisa menganalisis permainan gitar yang sedang anda lakukan, hal ini sangat bermanfaat jika anda ingin belajar melodi gitar dalam tempo yang cepat. Anda bisa mengetahui dimana letak kesalahan dan setelah itu anda bisa memperbaikinya.

Praktek dengan rutin dan teratur

Meningkatkan kecepatan dalam bermain melodi gitar tidak akan terwujud dalam waktu sehari saja. Untuk memainkan melodi sangat cepat itu bisa membutuhkan waktu berbulan bulan bahkan lebih dari satu tahun, tetapi jika anda lebih sering berlatih untuk belajar melodi gitar pada peningkatan kecepatan , maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih cepat bahkan hanya dalam beberapa minggu anda akan menjadi jauh lebih cepat dalam bermain melodi dan jari anda pun lebih fleksibel daripada sebelumnya .

Jadi, Praktek dengan rutin dan teratur lebih baik lagi dilakukan setiap hari misalnya dalam waktu setengah jam atau satu jam untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika anda tidak punya banyak waktu , maka latihan 15 menit perhari juga dapat meningkatkan kecepatan bermain melodi yang anda pelajari tersebut. 

Untuk panduan lebih lengkap tentang belajar melodi gitar silahkan baca disini Kunci Bermain Melodi Gitar Untuk Pemula.

Sekali lagi itu bukan hanya seberapa banyak anda berlatih, tetapi juga bagaimana anda berlatih. Dan yang perlu diingat lagi adalah latihan dengan rutin setiap hari. Sekian tentang belajar melodi gitar semoga memberi manfaat terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel